Minggu, 26 Februari 2012

Behind The Scene..

assalamu 'alaikum
inilah kisah singkat dari perjuangan kami

*flashback*

setelah hampir setahun menjalani berbagai prosesi yang ngejelimet dan penuh kesibukan, akhirnya kemarin tepat tgl 6 November 2011 pengumuman program pertukaran pelajar kami telah keluar.

jadi begini .. sekitar bulan Februari ato Maret tahun 2011 kemarin telah dibuka pendaftaran untuk siswa/i SMA yang berniat untuk mengikuti program pertukaran pelajar yang dikelola oleh Bina Antarbudaya. kebetulan di sekolahku program ini sudah sangat familiar karena hampir setiap tahun kami berhasil mengirimkan utusan - utusan kami untuk belajar di luar negeri .
nah, tahun ini pun peminatnya (terutama dari angakatanku) lumayan banyak , padahal kala itu kami tengah disibukkan dengan persiapan Pagelaran -acara rutin yang diadakan tiap tahun sebagai persembahan terakhir untuk kkak kelas 3 yang akan tamat- tapi itu tidak mengurungkan niat kami.

untuk mendaftar saja ada beberapa persyaratan yang harus kami penuhi. mulai dari mengisi form tentang data diri, keluarga, sekolah, lingkungan dan masalahnya adalah karena sekolah kami itu terletak 80 km dari Makassar, butuh waktu 2 jam untuk tiba disana. jadi tidak mudah bagi kami untuk bolak balik Malino-Makassar hanya untuk sekedar meminta tanda tangan. Alhasil segala usaha kami coba demi mengikuti program ini.
selanjutnya kami diharuskan mengikuti tes yang terdiri dari beberapa tahap.
Tahap 1 itu adalah tes tertulis mengenai Pengetahuan Umum (PU) dan setelah itu  kami juga harus menulis sebuah essai / karangan  mengenai topik yang ditentukan (pake bahasa Indonesia kok).
nah, apabila dinyatakan lolos pada tahap 1, berarti selanjutnya kita memasuki tahap 2
Tahap 2 itu adalah tes wawancara (kalau nda salah)  hhehe. menggunakan bhs. Indonesia dan bhs. Inggris. awalnya aku kira wawancaranya akan sesulit apa, tapi alhamdulillah ternyata dapat berjalan mulus. di tahap ke-2 ini kami sudah mulai saling mengenal, ada beberapa temanku yang berasal dari daerah di luar Sulawesi, seperti Gorontalo, Palopo, Kendari, Palu, Irian, dll.
pada kesempatan ini juga kami diajari beberapa yel - yel dari para kkak volunteer,
"Shoot the Moon..Shoot Shoot the Moon !" pokoknya seru banget deh ! huehehehe
pengumuman tes tahap 2 ini lumayan lama, tapi kalau memang masih rezeki kita akan lanjut ke tahap 3
Tahap 3 adalah dinamika kelompok daaaannn.. "Talent Show", jadi kami semua harus mempersiapkan bakat apa yang akan kita tampilkan di depan para juri dan seluruh teman - teman pada saat unjuk bakat tersebut. waktu itu aku memilih untuk bermain  kecapi, selain di Smudama memang kami sedang berlatih kecapi untuk nilai Seni Budaya, juga untuk menunjukkan salah satu kesenian tradisional Sulawesi :)
teman - temanku menampilkan kesenian - kesenian yang unik dari daerahnya masing - masing. ada yang menari, ber-drama, berpuisi / pidato, nge-dance, nasyid, nyanyi sambil main gitar, ahh pokoknya kuereeeen semua deh ^,^

nahhh setelah menjalani ke-3 prosesi tes itu kami sudah dinobatkan sebagai keluarga AFS dan berhak menjadi volunteer.
lagi - lagi pengumuman memakan waktu yang lama, dan akhirrnyaaaa pada tgl 6 November 2011 itulah pengumuman kami semua telah keluar! dari Smudama terpilih 6 kandidat (aku, Ratu, Andis, Digul, Cikgu, dan Mehdy) sedangkan dari daerah Makassar ada kurang lebih 5 orang dan  beberapa dari luar Makassar.

nahh ini foto kita di Balai Besar Kesehatan Paru
dari kiri ke kanan (cikgu, zahra, aku, andis, digul-nonjil-, icha, ratu, ojhi)

ini pas Asmi uda dateng :)
dari kanan  ke kiri (ojhi, andis, digul, aku, ratu, asmi)

kalo yang ini foto tangan kita yang habisdi-vaksin hepatitis !
hahhaha abal bangett --"

sebenarnya masih ada banyak lagi teman - temanku yang lain yang  juga lolos dari  tahap  3, tapi kebetulan yang ada pas vaksin cuma segini..hhehe
intinya, vaksin - vaksinan ini merupakan salah satu rangkaian untuk mengisi international form setelah dinyatakan lulus dari tahap 3..
sekian  cerita saya ^,^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar